Pemilik Kendaraan Wajib Lakukan Ini, Jika Tak Mau Kolong Mobilnya Cepat Berkarat

Rabu 16-10-2024,10:43 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan pemilik kendaraan jika tidak mau kolong mobilnya cepat berkarat. 

Meski tidak terlihat dan sulit dijangkau, namun kolong mobil ternyata juga harus dirawat. Hal tersebut bertujuan agar kolong atau bagian bawah mobil agar tetap aman dan berumur panjang.

Namun sering kali para pemilik kendaraan abai akan pentingnya perawatan pada kolong mobil, karean jarang terlihat. 

Seperti diketahui karena terletak paling bawah kolong mobil sangat rentan terhadap karat akibat paparan air, garam, dan kotoran yang sering menempel.

BACA JUGA:Tips Cek Kaki-kaki Mobil, Biar Gak Nyesel Kalau Beli Kendaraan Bekas

BACA JUGA:Simak Tips Singkat Merawat Motor Injeksi, Hal Sepele Tapi Penting, Wajib Diketahui

Jika tidak dirawat dengan baik, karat dapat merusak komponen vital lainnya, seperti subframe, knalpot, dan bagian lainnya.

Kerusakan yang parah pada bagian bawah kendaraan bisa menyebabkan masalah serius pada sistem mekanis, termasuk rem dan suspensi. 

Selain itu, jika karatan di kolong mobil sudah merambah pada bagian-bagian penting, dapat menyebabkan biaya perbaikan mobil jadi cukup tinggi.

Dengan menjaga kolong mobil tetap bersih dan terlindungi, pemilik kendaraan tidak hanya dapat memperpanjang umur mobil, tetapi juga bisa membuat kendaraan tetap aman dan dapat diandalkan dalam setiap perjalanan.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Busi Basah dengan Oli, Ini Cara Mudah Mengatasinya

BACA JUGA:Busi Motor Basah Kena Oli? Mingkin Ini Penyebabnya, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan pemilik kendaraan jika tidak mau kolong mobilnya cepat berkarat

1. Rutin Membersihkan Kolong Mobil

Menjaga kebersihan kolong mobil merupakan langkah awal yang sangat penting. Saat mencuci kendaraan, jangan lupa untuk menyemprot bagian bawah mobil agar menghilangkan kotoran, lumpur, dan garam.

Kategori :