JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Kehadiran sebanyak 1.299 unit SPKLU PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 H dirasa sangat membantu para pemudik.
Dengan tersebarnya lokasi-lokasi SPKLU ini pengguna kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) tidak perlu khawatir dalam melakukan perjalanan mudik.
Kesiapan PLN dalam menyediakan infrastruktur pendukung EV dan Posko Siaga di setiap rest area pada masa arus mudik dan balik diapresiasi oleh Hario Bayu, salah seorang pemudik asal Semarang. Ia mengatakan, SPKLU yang disediakan PLN sangat mendukung pengguna kendaraan listrik yang mudik.
“Saya sangat mengapresiasi upaya PLN, tidak hanya mendukung kendaraan listrik tapi juga menyediakan fasilitas istirahat yang lengkap. Ini menjadi pengalaman perjalanan mudik saya beserta istri lebih menyenangkan,” ungkap Hario Bayu saat ditemui di SPKLU Rest Area KM 6B Tol Jakarta – Cikampek.
BACA JUGA:SPKLU PLN Sukses Layani Arus Mudik Lebaran, Penggunaan Naik 5 Kali Lipat!
Apresiasi juga datang dari Rudi, pemudik asal Serang yang menuju Sumatra menggunakan mobil listrik.
Ia mengaku puas dengan layanan SPKLU Pelabuhan Merak dan juga fitur Trip Planner pada aplikasi PLN Mobile untuk mencari titik-titik keberadaan lokasi SPKLU.
"Saya sudah beberapa kali menggunakan SPKLU di Pelabuhan Merak dan cukup puas dengan layanan yang diberikan oleh PLN.
Saya juga mencoba fitur Trip Planner yang mana ini membantu saya dalam mencari lokasi SPKLU terdekat sepanjang rute perjalanan yang saya lalui sehingga saya dan keluarga merasa tenang dan nyaman saat mudik kali ini," jelas Rudi.
BACA JUGA:Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024
Kemudahan pengisian daya kendaraan listrik dengan SPKLU juga dirasakan pemudik yang berpergian ke arah timur, Raymond Hanjaya warga asal Surabaya yang melakukan perjalanan ke Bali menceritakan pengalaman pertamanya melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil listrik.
“Kami menggunakan SPKLU PLN sepanjang Surabaya - Bali aman semua, tidak ada yang error, lancar dan lebih banyak fast charging-nya," jelas Raymond.
Ia juga mengapresiasi fasilitas yang disediakan pada setiap titik SPKLU seperti ruang tunggu yang nyaman, minuman, dan kotak P3K bisa digunakan secara gratis.
"Sembari nge-charge bisa ke toilet, dapat minum, bisa istirahat di lobi ber-AC dengan nyaman," tutur Raymond saat beristirahat di SPKLU Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo.
Terkait hal ini, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa perseroan berkomitmen penuh untuk mendukung penggunaan kendaraan EV oleh masyarakat.