Sandiwara Radio Hadir Lagi Guys, Horor Tangis Sunyi Kadaver Bikin Merinding, Lebih Serem dari Mak Lampir

Senin 05-02-2024,18:01 WIB
Reporter : Henny Efendi
Editor : Swandra Yadi

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Mengobati rasa rindu masyarakat akan sandiwara radio yang dulu sempat populer di era 1980-an, sekelompok anak muda kreatif yang tergabung dalam komunitas DNA meluncurkan sandiwara audio yang bisa dinikmati di platform Spotify.

Yang dulu pernah mantengin radio buat denger serial sandiwara Mak Lampir, bakal terobati dengan hadirnya audio series berjudul Tangis Sunyi Kadaver.

Tangis Sunyi Kadaver mengangkat tema horor yang cukup menggigit. Meski baru beberapa episode, cerita yang mengangkat kehidupan para mahasiswa kedokteran ini mampu memancing keingintahuan pendengar.

BACA JUGA:BGK Universitas Bina Darma Jadi Narasumber di Radio PRO 2 RRI

Dinna Herly didampingi Adhita Rachman, duo Founder Dinamis Nawara Akademi (DNA) menjelaskan, pada awalnya, komunitas DNA hanya berkecimpung di kegiatan public speaking, seminar, dan workshop ke sekolah-sekolah. 

Seiring waktu, ia pun mulai melebarkan core bisnis audio branding melalui voice over Tangis Sunyi Kadaver yang sudah berjalan beberapa episode.

BACA JUGA:Inspirasi Bisnis, Lia Raih Cuan Rp 2,5 Juta Per Hari dari Jualan Cumi Jumbo, Simak Rahasianya di Sini

”Karena kita mantan penyiar radio jadi kita pengen bikin voice over, jadi kita gandeng beberapa teman dengan profesi yang sama seperti Haris, Babaz, Radit, dan lainnya,” terang Dina saat dibincangi di kantor DNA Jalan  Kapten A Rivai, Ruko Taman Mandiri Palembang beberapa waktu lalu.

Sementara, untuk skenario Tangis Sunyi Kadaver ditulis oleh Khadijah atau yang lebih dikenal dengan Wanja Almunawar, sosok perempuan berbakat dengan segudang pengalaman menulis skenario untuk beberapa stasiun TV nasional.

“Untuk Tangis Sunyi Kadaver ini saya pakai metode baru, bentuk naskahnya skenario film, tapi untuk voice over,  karena teman-teman punya keahlian masing-masing di bidang VO,” tutur Wanja.

Lanjutnya, ia sengaja mengangkat kisah horor karena menurut dia lebih seru dan bisa diberi sentuhan sound effect yang akan memacu adrenalin.

BACA JUGA:Makanan Asin Amankah bagi Penderita Diabetes? Membatasi Asupan Kalori Bikin Panjang Umur

“Pas ketemu waktu soft opening DNA, saya ngajakin bikin voice over horor, kebetulan saya bikin naskahnya, eh pada setuju, ya udah lanjut,” ucapnya.

Audio series ini juga pernah menjadi cerpen terbaik di majalah Anida 20 tahun yang lalu, dan pernah dikomentari oleh sastrawan Joni Ariadinata.

Tangis Sunyi Kadaver seperti dituturkan Wanja menceritakan tentang mayat-mayat  atau dalam istilah medis disebut kadaver yang dijadikan bahan praktikum mahasiswa kedokteran.

Kategori :