Menilik Digitalisasi Keuangan Desa Ibru di Kabupaten Jambi, Penyabet Gelar Desa Inovatif BRILian 2023

Sabtu 03-02-2024,16:27 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

Terobosan lain yang dilakukan Desa Ibru adalah menjadikan industri rumahan berkelanjutan dan pertanian yang ada di sana sebagai destinasi wisata pendidikan, riset, dan tujuan pemberdayaan masyarakat. Untuk mengembangkan potensi itu, Desa Ibru menjalin kerja sama dengan beberapa mitra, seperti Pondok Pesantren Al-Muttaqin Desa Ibru, Ekowisata Alam Sebapo, dan Universitas Jambi.

Sementara terkait digitalisasi, Desa Ibru telah mengembangkan berbagai media digital, seperti website resmi BUMDes Suka Makmur http://bumdes-sukamakmur.com dan Desa Ibru https://desa-ibru.id/, serta media sosial yang kontennya diperbarui secara rutin.

Arman menjelaskan, platform digital tersebut dibuat untuk mempromosikan potensi desa dan sekaligus menjadi saluran informasi kepada masyarakat.

“Sampai saat ini, website dan media sosial BUMDes Suka Makmur dikelola oleh tim kerja sama antara Universitas Jambi dan BUMDes Suka Makmur. Sementara itu, website dan media sosial Desa Ibru dikelola oleh tim Pemerintah Desa Ibru yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pelayanan,” jelas Arman.

BACA JUGA:Desa Padang Panjang Kalsel Gandeng Agen BRILink Dongkrak Perekonomian Inklusif

Akrab dengan Transaksi Digital

Digitalisasi yang dilakukan di Desa Ibru tidak hanya mencakup penyediaan saluran komunikasi, tetapi juga layanan keuangan. Sebagai finalis Desa BRILiaN 2023, desa ini memang telah akrab dengan transaksi digital.

Kegigihan tim BRI dari Kantor Unit Tempino, Provinsi Jambi, memainkan peran dalam hal itu. Mereka senantiasa memberikan pendampingan kepada warga desa dalam pengenalan pelayanan perbankan dan produk digital BRI, mulai dari AgenBRILink, BRImo, QRIS, Pasarid, hingga Localoka.

Arman menuturkan, semua produk digital BRI telah teraplikasikan dengan baik di Desa Ibru. Adapun produk digital yang paling banyak digunakan adalah AgenBRILink untuk keperluan tarik tunai, transfer, pembayaran listrik, angsuran, dan lain-lain.

Adapun, Agen BRILink adalah layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh BRI. Dalam layanan tersebut, BRI menggandeng nasabah sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee.

BACA JUGA:Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Maksimalkan Peran AgenBRILink Genjot Perekonomian Inklusif

Kehadiran Agen BRILink di Desa Ibru mendorong inklusi keuangan di Desa Ibru. Warga yang ingin melakukan transaksi perbankan, seperti transfer uang, tapi tidak punya rekening bank menjadi terbantu dengan layanan ini.

Selanjutnya adalah BRImo, Mobile Banking dari BRI ini, kata Arman, efektif membantu transaksi keuangan dan perbankan warga desa. Contohnya, dalam pembayaran. Seperti diketahui, BRImo dilengkapi dengan fitur pemindaian QRIS BRImo. Jadi, pengguna cukup menggunakan fitur ini untuk memindai kode QRIS, pembayaran pun beres.

Selain QRIS BRImo, BRImo juga bisa dipakai untuk membayar berbagai macam tagihan bulanan hingga. Selain itu, Localoka juga dipakai oleh masyarakat umum untuk membeli produk-produk yang terdapat di BUMDes Suka Makmur Desa Ibru.

Secara umum, ia menilai, keberadaan produk keuangan digital BRI di Desa Ibru memberikan dampak positif terhadap inklusi keuangan dan ekonomi desa.

BACA JUGA: Inovasi Desa Lerep Manfaatkan AgenBRILink untuk Layanan Perbankan hingga Inovasi Eduwisata

Kategori :