Waspada Dampak Buruk Polusi Udara Bagi Anak, Ini Cara Efektif Mencegahnya

Rabu 27-09-2023,06:00 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut cara efektif mencegah dampak buruk akibat polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan anak.

Tingkat polusi udara belakangan sudah cukup menghawatirkan di berbagai daerah, hal ini bukan saja menggangu aktivitas sehari-hari namun juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh polusi udaha bagi kesehatan tubuh, Semua orang beresiko terdampak oleh polusi udaha ini terlebih anak-anak.

Adapun penyebab polusi udara di Indonesia disebabkan oleh banyak sumber mulai dari asap kendaraan bermotor, pembakaran hutan dan sampah, asap pabrik dan industri, hingga asap rokok.

BACA JUGA:Waspada! Kulit Belang Saat Musim Panas, Ini Solusi Efektif Mengatasinya

Polusi udara ini sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi anak-anak, sebab anak-anak lebih rentan terkena dampak polusi udara ketimbang orang dewasa.

Umumnya anak-anak akan mudah terjangkit ISPA dan pneumonia akibat dari polusi udara, bahkan terkadang penyakit infeksikus juga dapat menyebar lewat buruknya kualitas udara.

Tercatat pada tahun 2016, infeksi saluran pernapasan terkait paparan polusi telah merenggut kurang lebih 600.000 nyawa anak-anak di seluruh dunia.

Angka ini diperkirakan akan bertambah, mengingat temuan lain menunjukkan bahwa sekitar 1,8 miliar anak-anak di seluruh dunia terpapar polusi setiap harinya.

BACA JUGA:Waspada! Ternyata Polusi Juga Berbahaya Bagi Kulit Bukan Hanya Pernafasan, Ini Cara Mencegahnya

Agar dapat menurunkan risiko anak dampak buruk polusi udara, sebaiknya para orang tua melakukan beberapa tips berikut ini:

1. Batasi penggunaan alat dan produk yang menimbulkan polusi

Mungkin Bunda dan Ayah tidak sadar bahwa ada banyak produk yang biasa ada di rumah ternyata merupakan sumber polusi udara.

Beberapa di antaranya adalah obat nyamuk, pembersih lantai yang baunya menyengat, atau bahkan pengharum ruangan.

Untuk meminimalkan paparan polusi udara pada Si Kecil, batasi penggunaan produk-produk tersebut. Jika hendak menggunakannya, gunakanlah di ruangan lain yang jarang ditempati Si Kecil.

Kategori :