Sensasi Berkendara Yaris Cross Hybrid Lintasi Berbagai Medan, Segmen Medium New SUV

Jumat 14-07-2023,20:31 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

Sementara panel instrumen TFT 7 inch memudahkan pemantauan indikator kendaraan.

Pengemudi juga dapat mengetahui bagaimana hybrid system bekerja pada layar besar yang informatif disertai pandangan luas ke depan tanpa intrusi dari dashboard soft touch yang berkelas.

All-New Yaris Cross Hybrid EV semakin fun to drive berkat adanya hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 141 Nm dengan teknologi Atkinson Cycle, berkolaborasi dengan motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 121 Nm.

"Test driver tidak perlu bingung memikirkan mekanisme kerjanya karena sudah dikendalikan secara otomatis oleh Toyota Hybrid System (THS)," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, di sela test drive All-New Yaris Cross Hybrid

BACA JUGA:The New SUV di GIIAS Nanti, 3 Unit Ini Pesaing Utama Mitsubishi XFC Concept 5 Seater

Begitu menemui jalan menanjak, test driver cukup menekan pedal gas lebih dalam dan kedua pembangkit dayanya akan berkolaborasi untuk memberikan tenaga dan torsi gabungan yang besar.

Cukup arahkan tuas persneling ke D, transmisi CVT dengan teknologi Split Gear nan pintar akan memastikan distribusi tenaga mesin yang sesuai kebutuhan pengemudi ke roda depan bersama dengan motor listrik.

Hari kedua, rombongan menempuh perjalanan sejauh 100 km antara kota Malang dan Surabaya.

Perjalanan tersebut memberikan kesempatan kepada para jurnalis untuk merasakan langsung performance, comfort, dan handling-nya di jalan bebas hambatan, sekaligus mencoba fitur Toyota Safety Sense 

BACA JUGA:Tertarik Bawa Jimny 5 Pintu, New SUV dari Suzuki Bakal Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia?

Dalam pengetesan, rombongan menggunakan All-New Yaris Cross Hybrid EV yang memakai hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 141 Nm,

Serta motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 121 Nm yang dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS).

Ketika akselerasi, hybrid engine dan motor listrik bahu-membahu menyalurkan tenaga seoptimal mungkin sehingga tidak membutuhkan bensin terlalu banyak dan target kinerja tercapai.

Beberapa segmen jalan tol yang menanjak panjang juga dilewati dengan baik berkat kolaborasi keduanya.

BACA JUGA:Berikut Spesifikasi Suzuki Fronx CNG, Jadi New SUV Paling Irit dan Murah, Segini Harganya

Saat melaju konstan, kedua motor penggerak tetap bersinergi menggerakkan roda depan. Bila tenaga dari motor listrik dirasakan berlebih, maka akan disalurkan untuk mengisi daya baterai hybrid.

Kategori :