JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Isuzu Panther salah satu kendaraan yang tergolong dalam 'mobil tua bangka' (motuba) alias mobil tua.
Namun kendaraan bermesin diesel yang satu ini masih banyak peminatnya mengingat tidak susah untuk merawat Isuzu Panther.
Meski tidak susah dalam hal perawatan tentunya para pemilik motuba yang satu ini tidak boleh abai. Sebab, tetap ada perawatan yang dilakukan agar mobil tidak mogok saat digunakan.
Bengkel MStar salah satu bengkel yang terkenal dikalangan pecinta Isuzu Panther di bekasi akan berbagi sedikit cerita dan tips perawatan si Motuba ini.
BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Gelar Kompetisi Safety Riding Tingkat Regional, Ini Nama Pemenangnya
Sedikit bercerita Mustar salah satu pegawai bengkel MStar mengatakan, yang namanya mobil tua, harus ada perhatian dari pemiliknya.
"Terutama biasanya yang sering kejadian fatal itu pendingin air. Makanya kalau di Panther, tahun-tahun muda terutama cek-cek kondisi mesin lah, air, oli, ada bocor atau tidak," kata Mustar.
kepada detikcom saat menyambangi bengkelnya di Jl. Inspeksi Kalimalang, Gandasari, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Menurutnya, pegawai bengkel yang berada i Jl. Inspeksi Kalimalang, Gandasari, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini tak jarang Panther mogok di tengah jalan karena kelalaian pemiliknya.
BACA JUGA:Cara Mengguakan Honda Smart Key System, Simak Juga Perawatanya Biar Gak Cepet Rusak
Makanya, pemilik Panther harus memperhatikan mobilnya, terutama yang harus jadi perhatian adalah filter bahan bakar.
"Kadang-kadang (mobil) masih enak, malas ganti (filter bahan bakar), mobil mogok aja, nggak tahunya filter mampat," sebut Mustar.
Menurut Mustar, masa penggantian filter pada kendaraan berbahan bakar solar ini tidak bisa dipastikan. Sebab, hal itu tergantung dari kualitas bahan bakar yang dipakai.
"Kalau dulu kan bisa hitungannya bisa 3 kali ganti oli mesin ya (baru ganti filter solar). Tapi kalau sekarang tergantung dari bahan bakar.
BACA JUGA:5 Tips Perawatan Kendaraan Usai Tempuh Perjalanan Mudik Lebaran