Selama Libur Lebaran 2023, Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen

Selasa 02-05-2023,12:03 WIB
Reporter : David Karnain
Editor : David Karnain

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April sampai dengan 27 April 2023. 

Sepanjang libur lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data XL Axiata sebesar lebih dari 37 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.

Dan XL Axiata mengalami kenaikan trafik data sekitar 17 persen libur lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. 

Angka trafik layanan data sepanjang libur lebaran 2023 ini didapat dari Customer Experience and Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta. 

BACA JUGA:XL Axiata Prediksi Trafik Layanan Naik 30 Persen Selama Ramadhan 1444 H dan Libur Idul Fitri

Adapun Lonjakan trafik data XL Axiata disepanjang libur lebaran 2023 lalu tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.

“Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini,”kata Direktur and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Selasa 2 Mei 2023.  

Pada masa libur lebaran 2023, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan dialami XL Axiata sejalan dengan perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya begitu dinamis. 

“Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,”kata I Gede Darmayusa.

 BACA JUGA:XL Axiata Hadirkan Layanan eSIM di Ramadan 1444 H, Ini Manfaatnya

Pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran 2023 ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. 

Secara keseluruhan, selama periode Libur Lebaran 2023, trafik layanan data XL Axiata didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 persen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen. 

Untuk layanan streaming video di XL Axiata sepanjang libur lebaran 2023 lalu juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen.

Untuk layanan Instant Messenger dari XL Axiata sepanjang libur lebaran 2023  lalu mengalami trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen. 

BACA JUGA:Kinerja XL Axiata Sepanjang 2022, Didorong oleh Streaming Video

Kategori :