3 Kasus Pembobolan Dana Nasabah BCA Setahun Terakhir

Selasa 24-01-2023,14:57 WIB
Reporter : David Karnain
Editor : David Karnain

Pelaku pembobolan nasabah BCA dengan rekening Rp320 juta milik Muin Zachry, seorang pria bernama Mohamad Thoha anak kost di rumah Muin dan pria tua bernama Setu merupakan seorang tukang becak di Surabaya.

Mulanya, Setu ternyata diperintahkan oleh seorang pria bernama Mohammad Thoha yang merupakan penyewa kamar kost di rumah Muin.

Thoha memiliki rencana yang matang untuk membobol rekening Muin dengan mencuri KTP, buku tabungan, hingga kartu ATM Muin saat pemilik tabungan berangkat ke masjid untuk Salat Jumat.

Kemudian, Thoha mencari orang yang memiliki postur dan wajah yang mirip dengan Muin. Tak lama, ia bertemu dengan Setu, tukang becak yang sedang mangkal.

BACA JUGA:Buka Rekening Cukup Verifikasi Wajah

Setelah mengobrol singkat, Setu pun mempelajari tanda tangan Muin. Tak lama, tukang becak itu pun berangkat ke bank pada Jumat 5 Agustus 2022 siang untuk menjalankan tugasnya.

Berbekal situasi yang mendukung saat Salat Jumat, Setu mendatangi kantor cabang BCA Jalan Indrapura. Ia bertemu dengan teller bernama Maharani Istono Putri. Putri mengaku benar-benar terkecoh dengan penampilan Setu yang sangat mirip dengan Muin.

Diatas merupakan ringkasan kasus pembobolan dana nasabah BCA yang sempat terjadi dalam kurun waktu setahu terakhir dan diharapkan tak ada lagi terjadi kejahatan industri perbankan dikemudian hari. 

Kategori :