Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini

Senin 02-01-2023,10:38 WIB

Oleh : Kusmidah, S,Pd. TK Harapan Bunda, Talang Betutu Lama, Sukajadi Talang Kelapa Banyuasin.

Taman Kanak-kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang terdapat dalam jalur pendidikan formal. pendidikan anak usia dini atau yang sering disingkat PAUD adalah pendidikan yang diberikan kepada anak usia dua sampai enam tahun.

Pendidikan anak usia dini disebut juga dengan pendidikan anak prasekolah, taman bermain atau taman kanak-kanak.

Pendidikan di Taman Kanak-kanak bertujuan untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai agama, sosial emosional, kemandirian, kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni untuk siap memasuki sekolah dasar.

Untuk mencapai perkembangan anak tersebut dilakukan dalam kegiatan pembelajar. Kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak lebih dikenal sebagai kegiatan bermain.

Melalui pembelajaran di Taman Kanak-kanak diharapkan mampu mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak sesuai dengan kurikulum Taman Kanak-kanak tahun 2010 yaitu :

1. Nilai-nilai agama dan moral,

2. Fisik Motorik,

3. Kognitif,

4. Sosial Emosional,

5. Seni dan

6. Bahasa.

Salah satu aspek pengembangan kemampuan dasar anak yaitu : Bahasa.

Kemampuan berbahasa sangatlah perlu di kembangkan karena dengan berbahasa anak dapat memahami kata dan kalimat serta memahami hubungan antara bahasa lisan dan tulisan pramembaca awal.

Pengembangan kemampuan bahasa ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat anak untuk dapat berbahasa Indonesia.

Kategori :