Mangcek Abie PalTV, Dulu MC Kini Selebgram Viral

Kamis 10-11-2022,18:35 WIB
Reporter : heni effendi

RADAR PALEMBANG – Sukses mendulang karir sebagai presenter Palembang TV (PalTV), Kemas Abie Thorik Jamil atau biasa disapa dengan Mangcek Abie PalTV mulai menjelajah dunia selebgram, bahkan kini pria kelahiran 15 Maret ini termasuk salah satu selebgram yang cukup viral dan diperhitungkan di Kota Palembang.

Bermula dari menjadi host di RRI, salah satu radio di Palembang, Abie kala itu masih duduk di bangku sekolah, namun keinginan untuk merambah dunia entertainment psangat kuat.

Setelah itu, ia pun mulai menjajal dunia peran dengan bergabung bersama Dulmuluk, teater kesenian tradisional Palembang. Tak puas sampai di situ, ia mulai merambah ke dunia televisi dan bergabung dengan TVRI Sumsel.

“Aku dulu pemain acara Dulmuluk bangsawan TVRI Sumsel asuhan bapak Jonhar Saad, maestro kesenian daerah Sumsel,” ujarnya saat dibincangi, Kamis (10/11)

Pada tahun 2008  ia mengikuti audisi presenter PalTV yang digelar tiap tahun pada masa itu. Akhirnya ia mulai menekuni karir di tempat yang baru ini sebagai presenter news, Liputan Metropolis, dan Liputan Sumsel.

“Waktu itu aku masih kurus, langsing, dan agak ganteng,” ujarnya sambil tertawa.

Ia pun pernah meraih prestasi sebagai Presenter Favorite PalTV hasil polling SMS pada tahun 2011 dan Bintang Dangdut Favorit PalTV pilihan permirsa di tahun yang sama.

Ia juga menjadi salah satu pemain dalam Studio 42 Kelakar Betok, komedi yang banyak disukai warga Palembang.

“Aku kan backgroundnyo teater, jadi kebanyakan itu peran karakter bukan jadi diri sendiri seperti jadi pak RT, pak haji, abang gojek, hantu banyu, waria, Pol PP, dan lainnya, beda dengan Yai Najib, Cek Eka, Cek Daus, Maria kan jadi diri mereka sendiri,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga pernah mengisi peran dalam sinetron PalTV yang berjudul Adek Misan dan Kanaya untuk beberapa episode. Di luar itu, ia juga turut membintangi  film Bertemu kerja sama dengan Kemenparekraf.

Pria yang memiliki hobi nonton, puisi, travelling, dan makan ini selama lima tahun juga menjadi icon presenter religi PalTV seperti Cawisan dan Ngelipurke Ati bersama Ustadz Taufik Hasnuri.

“Sampai saat ini aku masih menekuni profesi di dunia pertelevisian, baik PalTV maupun TVRI Sumsel. Pokoknya semua dijalani dengan kerja keras agar memberikan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Mengikuti perkembangan zaman, pada tahun 2016, Mangcek Abie mulai melirik media sosial di mana ia baru pertama kali membuat akun Instagram. Kini pemilik akun @mangcek_abie_paltv ini memiliki 115k followers.

Setelah memiliki akun Instagram,  ia pun terus melaju mengembangkan sayap sebagai seorang selebgram hingga menjadi viral di media sosial.

Terhitung brand ambasador toko HP, klinik kecantikan serta produk skincare di palembang pernah mempercayakan Mangcek Abi untuk mempromosikan produk mereka.

“Hidup ini jangan dibawa susah, enjoy aja. Sering aja upload yang lucu-lucu yang bikin netizen terhibur apalagi bagi mereka yang sedang banyak masalah. Makanya aku punya banyak followers. Kalau banyak followers kan banyak juga yang lihat postingan aku, terutama promo produk,” terangnya.

Seiring waktu, pria berkacamata ini memutuskan untuk lebih fokus mengembangkan usaha miliknya wedding organizer MAC dan agen pencari bakat MAC Talent yang menampung anak-anak muda untuk dilatih public speaking, acting, modelling, dan lainnya.

Ia juga menjadi MC berbagai acara seperti pernikahan, adat Palembang, gathering, dan lainnya. Bahkan untuk melakoni karir sebagai MC pernikahan, pria ini kerap terbang ke luar kota seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Medan, dan kota lainnya.

“Sebenernya yang nikah anak pengusaha-pengusaha asal Palembang yang ada di perantauan, seperti keluarga Hatta Rajasa, Anwar Fuadi, Zainal Songket, dan lainnya,” tutupnya. (hen)

Kategori :