Bagaimana Hukum Tarawih Secepat Kilat? Ini Jawabannya

Bagaimana Hukum Tarawih Secepat Kilat? Ini Jawabannya

Inilah Jawaban soal Hukum Tarawih Secepat Kilat yang Videonya tengah Viral di Media Sosial--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Tarawih merupakan ibadah sunah yang hanya dilakukan di bulan Ramadhan, dan tarawih termasuk kedalam sunah muakad sama seperti sholat witir dan dua rakaat sebelum subuh.

Sunah muakkad sendiri artinya sunah yang sangat dianjurkan oleh nabi, bahkan nabi pernah bersabda tentang keutamaan sholat tarawih ini. 

“Barang siapa mendirikan ibadah [tarawih] pada Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (H.R. Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Yang artinya sholat tarawih ini begitu penting untuk dilaksanakan karena hukum nya hampir mendekati wajib, jadi sangat disayangkan jika sunah muakkad ini dilewatkan. 

BACA JUGA:Sepele, Hal Ini Bisa Buat Puasa Batal, Kamu Harus Tau

Salat tarawih adalah amalan sunah yang dinyatakan langsung oleh Rasulullah SAW. Dalilnya adalah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah sebagai berikut:

“Rasulullah SAW menganjurkan untuk melakukan qiyamu Ramadan [salat tarawih], tetapi tidak mewajibkannya, sebagaimana sabda beliau:

Barang siapa yang terjaga [melakukan qiyam] pada Ramadan karena iman dan mengharap pahala akan diampuni dosanya yang telah lalu,” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Saat ini tengah viral di sosial media beredar sebuah video yang menunjukkan sholat tarawih yang dilaksanakann dengan cepat, bahkan hanya hitungan menit saja. 

BACA JUGA:Siapakah Golongan Orang yang Merugi di Bulan Ramadan? Nomor 3 Paling Banyak

Sholat tarawih cepat tersebut diketahui dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Blitar, Jawa Timur. 

Namun tak sedikit warga Blitar yang ikut tarawih cepat tersebut, dikatakan tarawih tersebut dilaksanakan sebanyakn 23 Rakaat dan hanya selesai dalam waktu 10 menit. 

Pengasuh Pondok Pesantren tersebut mengaku bahwa sholat tarawih cepat ini telah menjadi tradisi selama satu abad lebih.

Dilansir dari salah satu akun sosmed Instagram @lampungterangofficial ” Dahulu umat banyak yang menjadi pekerja, mereka bekerja dari pagi sampai sore sehingga saat malam mengikuti sholat tarawih yang lama mereka tidak mampu, akhirnya dicarikan solusi dengan sholat tarawih cepat “ Katanya di Blitar, Kamis, 23 Maret 2023.

Sumber: