Mitsubishi Power Menerima Pesanan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi 55 MW dari Pertamina

Mitsubishi Power Menerima Pesanan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi 55 MW dari Pertamina

Gambar Grafis Konseptual Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi--

 

 

 

Gambar Grafis Konseptual Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

 

SINGAPURA,RADAR PALEMBANG  – Mitsubishi Power, merek solusi daya dari Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. (MHI), telah menerima pesanan unit pembangkit listrik 55 MW yang terdiri dari turbin uap, generator, dan peralatan terkait untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Lumut Balai Unit 2 dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak perusahaan energi panas bumi dari Pertamina New Renewable Energy (PNRE), yang merupakan anak perusahaan dari BUMN minyak dan gas Indonesia, PT Pertamina (Persero).

 

Kontrak turnkey untuk pengembangan pembangkit listrik di provinsi Sumatera Selatan Indonesia akan dilakukan bersama dengan Mitsubishi Corporation, perusahaan konstruksi Tiongkok SEPCO III Electric Power Construction Co., Ltd. (SEPCO III), dan perusahaan konstruksi dan teknik sipil besar lokal PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Operasi komersial dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024.

 

Lokasi pembangunan PLTP Lumut Balai II berada sekitar 290 km arah barat daya kota Palembang di wilayah selatan Sumatera pada ketinggian kurang lebih 1.000 meter. Proyek ini bertujuan untuk memitigasi dampak perubahan iklim dan berkontribusi pada target pemerintah Indonesia untuk menggunakan sumber energi terbarukan pada 23% pasokan listrik negeri pada tahun 2025. PGE telah memperoleh pinjaman yen (bantuan resmi untuk pembangunan) dari Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk melaksanakan proyek ini.

Mitsubishi Power akan bertanggung jawab atas desain dasar fasilitas pembangkit listrik tenaga panas bumi, dan akan memasok turbin uap, generator, dan peralatan aksesori utama lainnya. Dengan memanfaatkan keahlian teknis dan pengetahuannya yang diperoleh dari pengalaman selama puluhan tahun sebagai kontraktor EPC, Mitsubishi Power juga akan mengirimkan teknisi guna memberikan panduan untuk pemasangan dan operasi uji coba.

 

Kazuki Ishikura, Presiden Direktur anak perusahaan lokal MHI Group, PT. Mitsubishi Power Indonesia, mengomentari kontrak tersebut dengan mengatakan: “Indonesia memiliki potensi tenaga panas bumi terbesar kedua di dunia, dan ini sebuah kehormatan bagi kami untuk turut serta dalam mendukung pembangkit listrik di seluruh Indonesia yang memanfaatkan potensi besar ini – dari PLTP Darajat, PLTP Kamojang di Jawa Barat dan sekarang PLTP Lumut Balai II. Kami merasa terhormat karena dipilih sebagai mitra tepercaya PGE untuk menyediakan listrik yang aman dan berkelanjutan ke jutaan orang di seluruh negeri, dan mewujudkan target energi terbarukan Indonesia.”

 

Permintaan tenaga listrik di dalam negeri mulai meningkat dengan dimulainya kembali kegiatan ekonomi sejak pandemi COVID-19, dan PGE memusatkan upayanya untuk membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi baru dan meningkatkan output. Mitsubishi Power telah memasok secara total enam sistem untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia, dengan output gabungan sekitar 400 MW. Kontrak ini mencerminkan penghargaan tinggi atas pengalaman operasional, kemampuan teknis, dan kemampuan koordinasi EPC Mitsubishi Power.

Sumber: