RS Siloam Sriwijaya Palembang Terbakar, Evakuasi Pasien Berlangsung Dramatis

RS Siloam Sriwijaya Palembang Terbakar, Evakuasi Pasien Berlangsung Dramatis

RADAR PALEMBANG – Rumuah Sakit Siloam Palembang terbakar, Senin 4 Juli 2022 pukul 21.45 WIB, diduga penyebab akibat korsleting listrik,  evaluasi pasien pun berlangsung dramatis.

Saat kejadian, seorang perawat sempat melihat asap keluar dari ruang poli rawat jalan di lantai du yang waktu itu sudah berakhir jam operasionalnya. 

”Sepertinya ada korsleting entah kabel terbakar, AC terbakar, atau seperti apa. Pastinya belum tahu, masih menunggu laporan tim,” kata  Direktur RS Siloam Sriwijaya Bona Fernando Bona Fernando. ,

Perawat dan petugas mengevakuasi para pasien berjumlah sekitar puluhan orang itu keluar dari gedung. Terutama pasien rawat inap, ICU, di lantai dua, empat, dan lima.

BACA JUGA:BNNK Lakukan Tes Urin Pada ASN Pemkot Prabumulih

Mereka ditempatkan di areal parkiran gedung RS yang bersebelahan dengan Stadion Bumi Sriwijaya dan Palembang Square Mal.

Sebelumnya, pasien yang terdiri atas ibu, anak-anak, dan lanjut usia dievakuasi keluar Gedung. Beberapa di antaranya membawa serta ranjang, kursi roda, dan terinfus.

Mereka dibantu petugas keamanan, perawat, dan pengunjung lainnya. Dan saat ini kondisi sudah mulai kondusif. Pasien satu per satu kembali ke ruangan.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Beberapa pasien sudah dibawa masuk ke ruangannya yang diutamakan yang sakit kritis,” ujar Bona Fernando.

BACA JUGA:Tim Seni Sebiduk Sehaluan OKUT Memukau di Festival Sriwijaya

Detik-detik evakuasi pasien sungguh dramatis. Sebagian pasien ada yang masih diinfus ketika dipindahkan. Ada pula yang membawa serta kursi roda. Mereka dievakuasi oleh petugas keamanan ke areal parkiran gedung yang bersebelahan dengan Stadion Bumi Sriwijaya dan Palembang Square Mall.

Salah seorang petugas keamanan bernama Okta mengaku sebelum RS Siloam terbakar, ia mendengar suara ledakan. "Saya sempat mendengar suara ledakan dan pecah kaca dari lantai dua gedung sekitar pukul 2.55 WIB," kata Okta dilansir Antaranews, Senin malam. Apara Kepolisian Resor Kota Besar Palembang sudah berada di lokasi kejadian. Sementara belasan petugas pemadam kebakaran lengkap dengan lima mobil pemadam kota setempat dikearhkan ke lokasi kejadian untuk memeriksa kondisi di rumah sakit.

Roy mengatakan, pihaknya masih menyelediki penyebab kebakaran ini. "Akan diselidiki dulu apa penyebabnya, nanti akan dilihat," kata Roy.

 

Tentang RS Siloam

iloam Sriwijaya Palembang menyediakan beragam layanan kesehatan, terutama layanan kebidanan dan kandungan, kedokteran anak, penyakit dalam, dan radiologi. Rumah sakit ini telah dilengkapi dengan teknologi yang kedokteran yang canggih dan tim tenaga medis yang berpengalaman. Terletak di lokasi strategis di jantung Kota Palembang, Rumah Sakit Siloam Sriwijaya terkenal sebagai pusat layanan kesehatan andalan bagi masyarakat Kota Palembang dan kota-kota lain di sekitarnya.

Saat ini, telah tersedia juga Klinik Bayi Tabung - Blastula IVF RS. Siloam Sriwijaya Palembang& Minimal Invasive Center dengan layanan One Stop Service bagi pasangan yang sudah lama menantikan buah hati.  Tim medis kami dari beragam spesialisasi selalu bekerja sama untuk memberikan program kesuburan yang sesuai dengan kondisi tiap pasien.

Layanan kesehatan yang menjadi unggulan di Siloam Sriwijaya Palembang adalah kebidanan dan kandungan, kedokteran anak, penyakit dalam, serta radiologi.

Layanan ini dijadikan acuan bagi pasien yang ingin melakukan pengobatan bukan hanya dari kota Palembang, tetapi juga dari kota-kota lain di sekitarnya. (antara)

 

Sumber: